Senin, 27 Desember 2010

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Manusia memerlukan nilai-nilai luhur yang dijunjung sebagai pandangan hidup untuk mencapai kehidupan yang lebih sempurna. Nilai-nilai luhur merupakan tolok ukur kebaikan yang berkenaan dengan hal-hal yang bersifat mendasar dan abadi, seperti cita-cita yang ingin dicapai.
Pandangan hidup yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai luhur tersebut adalah suatu wawasan yang menyeluruh terhadap kehidupan itu sendiri. Pandangan hidup berfungsi sebagai kerangka acuan, baik untuk menata kehidupan pribadi maupun interaksi antarmanusia dalam kehidupan masyarakat dan alam sekitarnya.
Sebagai makhluk individu dan sosial, manusia senantiasa memerlukan orang lain. Dalam pengertian ini, manusia sebagai bagian dari lingkungan sosial yang lebih luas, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara, yang merupakan lembaga-lembaga masyarakat utama yang diharapkan dapat menyalurkan dan mewujudkan pandangan hidupnya. Dalam kehidupan bersama, dalam suatu negara membutuhkan suatu tekad kebersamaan.
Proses perumusan pandangan hidup masyarakat dituangkan dan dilembagakan menjadi pandangan hidup bangsa, kemudian pandangan hidup bangsa dituangkan dan dilembagakan menjadi pandangan hidup negara. Pandangan hidup bangsa disebut sebagai ideologi bangsa (nasional) dan pandangan hidup negara disebut sebagai ideologi negara.
Dalam proses penjabaran di kehidupan modern antara pandangan hidup masyarakat dan pandangan hidup bangsa memiliki hubungan yang bersifat timbal balik. Pandangan hidup bangsa diproyeksikan kembali kepada pandangan hidup masyarakat dan tercermin dalam sikap hidup pribadi warganya. Dalam negara pancasila, pandangan hidup masyarakat tercermin dalam kehidupan negara. Pemerintah terikat oleh kewajiban konstitusional, yaitu kewajiban pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. (Darmodiharjo,1996:35).
Bangsa Indonesia telah memiliki pandangan hidup bersama yang bersumber dari akar budaya dan nilai-nilai religiusnya. Dengan pandangan hidup yang mantap, bangsa Indonesia akan mengetahui ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya. Dengan pandangan hidup yang diyakini, bangsa Indonesia akan mampu memandang dan memecahkan segala persoalan yang dihadapi secara tepat sehingga tidak terombang- ambing dalam menghadapi persoalan. Dengan pandangan hidup yang jelas, bangsa Indonesia akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana mengenal dan memecahkan berbagai masalah pollitik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, hukum, serta permasalahan-permasalahan lainnya.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan, dasar pikiran terdalam, dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik.
Dengan demikian, pandangan hidup pancasila bagi bangsa Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika harus merupakan asas pemersatu bangsa sehingga tidak boleh mematikan keanekaragaman.

1 komentar: